Observasi Semenanjung Utara P. Dullah

Oleh TIM MAHASISWA PEDULI EVAV,

HIMPUANAN MAHASISWA MALUKU TENGGARA -SURABAYA

Pantai Sorbat, Desa Tamedan dan Pantai Divur, Desa Lebetawi, Kecamatan Dullah Utara, Kabupaten Maluku Tenggara( Sekarang masuk wilayah Kota Tual, 2007)

Observasi Sabtu, 15 September 2007,Pantai Sorbat, Desa Tamedan, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual.

Pantai Sorbat indah merupakan salah satu “bekas” obyek wisata pantai yang sangat indah, salah satu pantai eksotik dari sekian banyak pantai di Kep. Kei (Nuhu Evav) yang menjadi andalan dari Kabupaten Maluku Tenggara. Pantai Sorbat Indah merupakan salah satu, penyumbang pendapatan dari sektor wisata bagi Kabupaten Maluku Tenggara. Sektor pariwisata merupakan sektor yang menjadi andalan dalam pengembangan Pembangunan Kabupaten Maluku Tenggara, dan Kota Tual saat ini (Wilayah Kepulauan Kei).

Pantai Sorbat indah mengalami masa jaya di awal 90-an, pantai yang tepat berada di Tanjung Sorbat, ujung utara Pulau Dullah ini megalami masa jaya yang sangat singkat, kerusakan mulai terjadi dikarenakan sekitar 1997 (Krisis Ekonomi di Indonesia) terjadi eksploitasi pasir oleh masyarakat lokal Desa Tamedan, Eksplotasi mulai terjadi pada jalur jalan menuju Pantai Sorbat “Indah”, hinnga saat ini kerusakan yang luar biasa di pantai hingga masuk ke area hutan di Tanjung Sorbat, ini semua akibat keserakahan dari kita. Permintaan akan pasir untuk kebutuhan bahan bangunan bagi pembangunan dari pemukiman dan projek pemerintah daerah di Pulau Dullah dan Pulau Kei Kecil menjadi salah satu penyebab kerusakan. Eksploitasi pasir oleh masyarakat Desa Tamedan, menjadi alternativ dari pemasukan dan pendapat ekonomi bagi masyarakat desa (menjadi kontroversi di Desa Tamedan), selain sebagai petani dan nelayan, mengingat bahwa sebagai nelayan penghasilannya sangat kecil, ini juga dikarenakan kerusakan di pesisir pantai dan laut (radius dekat) akibat dari Pengoboman Ikan dan Pemakaian Potasium, sedangkan masyarakat tak mempunyai kemampuan ,keahlian dan tekhnologi dalam penagkapn ikan di laut dalam (radius jauh.

Pulau Dullah adalah Pulau Kecil jangan perkecil lagi”

Tinggalkan komentar